BAGARAH

Sutan Husni Bagindo Rajo di Langit Meninggal Dunia

source by : http://ketawa.com
Sutan Husni Bagindo Rajo di Langit meninggal dunia. Istrinda terkenal sebagai orang yang amat pelit, ketat sekali mengeluarkan uang.Pikir-pikir, akhirnya Ibu Bagindo Rajo di Langit mau memasang iklan di Kompas. Berdasarkan perhitungan Ibu, lebih murah dari pada kirim surat ke seluruh kerabat.

Ibu Bagindo datang ke bagian adpertensi surat kabar Kompas, lalu tanya : “Bara ongkos pasang adpertensi, untuak kasi tau suami awak alah meninggal?”

Secretary yang cantik mungil jawab : “100.000 rupiah minimum, rangkayo.”

Bu Bagindo Rajo di Langit: “Wah kok mahal bana, kami hanya mau nulis: Husni meninggal?”

Secretary : “Rangkayo, memang itu tarief minimumnya, tetapi sebetulnya rangkayo boleh menulis 5 perkataan, tidak hanya dua saja. Rangkayo mau tambah tiga perkataan ?”.

Ibu Bagindo Rajo di Langit : “Tunggu sebentar Ambo pikir dulu, Nak”.

Setelah beberapa menit, Ibu Bagindo Rajo di Langit lalu ngomong : “Gini saja lah, pasang : Husni meninggal dijual mobil Timor”.

Gelar Dari Minang

source by : http://ketawa.com
Usman Chaniago, supir camat di Payakumbuh, minta berhenti karena ingin merantau ke Jakarta untuk mengadu nasib.Mula-mula dia bekerja sebagai tukang kantau di Tanah Abang, setelah dapat mengumpulkan sedikit modal dimulai pula menggelar dagangannya di pinggir jalan di Tanah Abang.

Nasib rupanya memihak kepadanya, beberapa tahun kemudian dia berhasil memiliki kios kain di dalam pasar. Dia pun berkeluarga dan memiliki 2 anak. Bahkan tahun ini dia membangun rumah di Depok, di lingkungan perumahan dosen UI.

Karena tetangganya semua akademisi, macam-macam gelarnya, ada Prof., ada Phd. dll. Usman merasa malu kalau papan namanya tidak tercantum gelar seperti tetangganya.

Dibuatlah papan naman dari perak, dipesan dari Koto Gadang, dengan nama DR.Usman Chaniago MSc.

Ketika ayahnya datang berkunjung, sambil bangga dia bertanya di mana anaknya kuliah, sebab setahu dia, Usman hanya berdagang.

Dengan malu-malu Usman menerangkan gelarnya di papan nama, “Nama itu artinyo ‘Disiko Rumahnyo Usman Chaniago Mantan Supir Camat’.”

Urang Jerman Timur

source by : http://ketawa.com
Disebuah desa di Jerman, yang berbatasan lansung jo Jertim dan Jerbar diperbatasan acok urang kadua desa baik yang di barat dan Timur malinteh.Iyo lai dibuliahkan..dek Desa sajo..mungkin ado nan mangunjungis sanaknyo tapi tantara Jerman Timur..yo..kareh..pangawalannyo di perbatasan tu tarutamo urang nan dari Timur..malinteh ka Barat di pariso abih untuak ka Desa di Jerbar panjagonyo…gahar..ditakuti..mamacik sanjato geren..siap tembak. Urang harus dipariso dari ujuang kaki..sampai ujuang kapalo kok pai ka Barat, baitu pulo kok pulang ka Timur.

Jadi ado urang timur…kito sabuik namonyo si Karel sajo tiok minggu dari desanyo yang di timur pai ka Desa di Barat alasannyo mancaliak urang gaeknyo nan di Barat lai ado kemudahan stek… dek panjago nan ganas di Pos Perbatasan.

“Guten tag?”

“Biaso Ndan..ambo liek urang gaek ka Desa di Muko (Barat)”

“Masuak Pos waang dulu den pariso… tingga identitas…”

“Ok…jam bara waang baliak ka Timur Karel”

“Sekita jam tigo sore Ndan”

“Ok..Den catat..labiah jam tigo waang kanai hukum masuak panjaro”

Lah malenggang..si Karel kalua perbatasan manuju ka Desa di Barat nan satiok Minggu hari Pakan (Catatan Penulis: Ruponyo di Jerbar desa-desanyo pakannyo ampia samo jo nagari awak sakali saminggu ada yang protes..ya silahkan aja..nih guwa punya cerita..he..he..he)

Tapek jam tigo si Karel baliak dari Barat jo Sepeda tapi mambaok karuang goni dibalakangnyo

Tibo di Pos… Kepala Jaga mengadakan pemeriksaan

“Apo nan ang baok dikaruang tu Karel?”

“Siap Komandan..kasiak/pasir..nyo untuak panimbun rumah den.”

“Bongka..jaan2 waang menggelapkan senjata..granat dari Barat ka timur”

“Silahkan..Ndan”

“Lah inyo bongka karuang nan tatonggok di sepeda tadi ndak labiah..indak kurang yo kasiak/pasir..didalam karuang tu”

Kepala Jaga..ko Utaknyo..kincia2nyo..asli dibawah standar bana jadi…indak bapikia..lain-lain..

Ok..silahkan waang lewat karel..lai indak ado waang salundupkan

Bagitu satiok minggu si karel..pai ka Desa di Barat. Pulang naik sepeda… mambaok karuang nan barisi kasiak/pasir kanai pareso…lewat taruih.

Nan Kepala Jaga ko..yo panasaran

“Si Karel ko pasti ado nan inyo selundupkan ka Timur…”

Tapi kok dicaliak…kasiak nan indak baharago..nan indak mambahayakan Komunis di Timur..

Ah..sungguh mati penasaran Waden dek si Karel Pasti..pasti si Karel ado nan diseludupkannyo (Maklum utak Kapalo Jaga di bawah standar mati penasaran sajo..utak Intelnyo ndak jalan)

Jadi Kamandan Pos tadi lah Pensiun dari Tugas

di Pos perbatasan… Pai lah inyo karumah si Karel

Waden harus dapek jawek dari si Karel… bia waden indak mati penasaran..pasti ado nan diseludupkan si karel dari Barat ka Timur.

Tibolah si Komandan ko di rumah si Karel

“Selamat pagi Karel…”

“Oi..pak Komandan..apo kaba?”

Iyo agak tagalenjek si Karel atas kedatangan si Komandan Jaga

“Jujur karel waden yo mati penasaran ko dek ulah waang nan tiok minggu ka Barat pulang mambaok kasiak/pasir..ka Timur waang tahu ndak manuruik si Jepe urang minang kalo di indonesia..arwah Penasaran ko bergentayangan bantuak pilem Susana..jadul”

“Lan waden lah pensiun..indak ka den tangkok waang Karel ko..rahasio awak baduo sajo..bajanji waden indak ka waden agiah tahu ka Partai do ambo yakin..pasti ado nan angku seludupan dari Barat tapi lolos taruih nan angku baok yo kasiaknyo..lolos taruih tolong..waang agiah tahu apo sabananyo nan waang seludupkan dari Barat ka Timur”

“Kok bantuak itu..yo..lah Komandan lah bajanji iko iyo awak baduos sajo nan tahu nan ambo seludupkan dari Barat ka Timur Tiok Minggu Komandan indak labiah indak kurang SEPEDA!!”

“Haaaaaaa…!!!%$#@@..????”

Pancasilo caro piaman

source by : http://ketawa.com
Tanggal tujuah baleh Agustus 2002, diadokan upacaro bandero di Kampuang Nareh Pariaman. Kapala Kampuang kabatulan pai dipanggil Camat, lalu inspektur upacaro diganti samo Pak Datuak ( ketua adat ). Singkek carito,mako tibolah saat pembacaan PANCASILO. Tanpa raso gugup Pak Datuak narimo teks pancasilo dari ajudannyo lalu dengan lantang pak datuak baco:PANCASILO
Ciek…!! BINTANG BASAGI LIMO…….. ( gambar bintang )
Duo…!! RANTAI PANGIKEK JAWI ( SAPI )…….(rantai pengikat sapi, yakni gambar rantai )
Tigo…!! POHON TAMPEK BATADUAH …… (pohon tempat berteduh = gambar pohon beringin)
Ampek…!! SANTAPAN DIHARI RAYO …… (hidangan lezat dihari-raya=kepala banteng)
Limo…!! MAKANAN JO PAMBALUIK LUKO …..( makanan dan pembalut luka alias gambar padi dan kapas )…

Mako tabalalaklah para pasarto upacaro sambil binguang. Tabukaklah rahasio pak datuak, ternyato pak datuak hanya baco gambar sajo, pak datuak rupanyo indak biso baco.. he he he.

Kolam dan Tobek

source by : http://ketawa.com

Pada suatu katiko,Buyuang pulang dari sawah alah agak laruik malam,jalan manuju rumah iyo agak kalam saketek,singkek carito pulanglah Buyuang sambil banyanyi-nyanyi kutang barendo panghilang raso cameh dek pulang surang sajo hari tu..

Tibo dijalan satapak, Buyuang indak lalu ditampek biaso yang inyo lewati dek lah malam bana hari tu. Biaso ambiak jalan kanan, babeloklah inyo kakiri, sadang lamak bajalan basobok lah si Buyuang dengan si Paijo urang Jawa nan tu..

Mancaliak si Buyuang barantilah si Paijo dengan baju agak kumuah saketek.

Dengan percaya diri,disaponyolah si Buyuang tadi.. “Mas, awas hati-hati didepan kolam”, kecek si Paijo lo ka si Buyuang..

“Apo,kolam..?” Kecek waang aden takuik jo kolam..? “Alun tau waang sia aden lai…” kecek si Buyuang lo..

“Mari mas”, Paijo sambil tersenyum kedian pergi..

“Heh..itu sajo takuik pulo”, .. si Buyuang sambil maumpek-umpek dihati terus berjalan…

Tak lama kemudian…

Bruuu..kkkk…..Gedubrak..Byur… Masuaklah si Buyuang tadi kadalam kolam…

Mandanga si Buyuang jatuah, babaliaklah si Paijo tadi.. “Wealah piye toh Mas…tadi tak omongin didepan ada kolam..ga mau denger.. ” ujar Paijo kepada Buyuang

“Eh, kurang aja waang ko, kecekan lah tadi ado Tobek dimuko…”

Manciang di Danau Singkarak

source by : http://ketawa.com
Waktu malam minggu,sakitar jam sabaleh malam..,awak baduo samo Zikra kawan awak manciang di Danau Singkarak.., aia danau sadang riak-riak.., sakitar satu jam kami mamanciang indak ado dapek lauk nyo do.,umpan lah abih.,.Indak Lamo kamudian tibo lah urang dari Pakan Baru singgah untuk mamanciang di tampek kami tu,kiro-kiro ado sakitar 6 urang nyo. Anak jo bini nyo sato lo mamanciang malam- malam tu..

“Lah ado Dapek ikan Diak..??”,kato salah surang laki-laki tadi.

“Alun ado lai Da…”, Jawek si Zikra.

“Dari caliak caro nyo mamanciang urang ko dak biaso manciang di danau do Zik..??”kato awak ka si Zikra.

“ba a tu ..??”

“caliak lah bini urang tu….,mamanciang disiko batu – batu nyo sagadang godok,,apuang-apuang nyo pake bola karah-karah sagadang godok lo.”

“huakak…kahh…kah…ado ado se mah…”

Lah sakitar tigo jam mamanciang indak yo dapek ikan do ..,umpan kami lah abih.Jadi kami cuma mangawanan urang Pakan Baru tu mamanciang lai.

Indak lamo panciang salah sorang laki-laki tadi panciang nyo dibanam an apuang-apuang nyo,

“Eh lai mah Da…,”kato Zikra.

“yo…gadang takah nyo mah.,,kareh unyuik nyo…”

Bakumpualah keluarga nyo disitu untuk mancaliak hasil yang didapek an.

“Ayo ..Pa..jaan ampe lapeh Pa..”,kato bini Uda tu.

Tali panciang digulung taruih, ampiang sampai ditapian lai..lah mulai nampak mangkilek-kilek.

Tau tau nyo sampai panciang diangkek,tapampang lah softek yang lakek dimato panciang paja tadi.

“Aduh…,mimpi a den samalam…,,ado darah lo lai…”,kato laki-laki tadi.

Awak samo Zikra payah manahan galak…. keluarganyo galak bacampua sadiah.

Film Luar Versi Padang

source by : http://ketawa.com
Enemy at the Gates — Lah tibo lawan di pintu…
Batman Forever — Kalalauang
Remember the Titans — Lai Takana jo si Titan
The Italian Job — Karajo maliang
Die Hard — Payah matinyo
Die Hard II — Alun Juo Mati Lai…?
Die Hard III With A Vengeance — Ondeh Mandeh.. ndak juo mati mati doh…?
Bad Boys — Anak Kalera
Sleepless in Seattle — Mangantuak..
Lost in Space — Ilang di awang awang
Brokeback Mountain — Gunuang patah tulang
lCheaper by Dozens — Bali salusin tambah murah..
You’ve got Mail — Ado surek tuh ha…
Paycheck — Pitih Gaji
Independence Day — Hari Rayo
The Day After Tomorrow — Saisuak
Die Another Day — Ndak kini matinyo..?
There is Something About Marry — Manga si Merry yo..?
Silence of the Lamb — Kambiang pangambok
All The Pretty Horses — Kudonyo rancak-rancak
Planet of the Apes — Planet Siamang
Gone in Sixty Seconds — Barangkek lah waang Lai
Original Sin — Sabana-bana doso…
Mummy Returns — Lah Baliak si One tadi..?
Crash — Balago kambiang
Copycat — Kopi Kuciang
Seabiscuit — Makan Biskuit di Lauik
Freddy vs Jason — Bacakak
Just in Heaven — Lah di Surgo
Air Bud — aia si Budi
How To Lose A Guy in 10 Days — Baa caronyo manyipak urang..
Lord Of The Ring — Juragan batu cincin
Deep Impact — Taraso dalamnyo
Million Dollar Baby — Anak Rangkayo
Blackhawk Down — Buruang itam si Don
Saving Private Ryan — Mahagia les ka si Ryan
Dumb and Dumber — Pakak jo sabana Pandia..

NAN MUNGKIN KITO NDAK TAHU

Written by Mohamad Hasan

http://www.lambah.net

TAU NDAK KANTI….???

1. Lihat retsleting anda.. YKK bukan? itu singkatan dari Yoshida Kogyo
Kabushibibaisha, perusahaan resleting terbesar di dunia.

2. Suara “wek..wek..wek” bebek gak akan menggema baik di gua,
lembah, dll.. en sejauh ini belum ada penjelasan dari para ilmuwan. (maimbau Parawek mah…)

3. 40% untung McD dari penjualan Happy Meals.( Lapau pak Long rugi taruih… gara2 bnyk nan mautang…)

4. Rata-rata 12 bayi yg lahir di dunia tiap hari, diserahkan ke orang
tua yg salah (ketuker-tuker) . (Puyu tatuka ndak dulu Mit..?)

5. Coklat asli (dari buah coklat yg baru dijemur/kering) dapat
membunuh anjing, menyerang jantung dan sistim sarafnya. Dosis yang
diperlukan: 5 ons untuk anjing kecil/poodle. ( Kecuali anak Anjiang Mantari…)

6. Sebagian besar lipstik dari merek2 terkenal, bahan bakunya
memakai sisik ikan laut. (Mantari said:.lipstik Ririn indak do..tabuek dr sisiak baluik…)

7. Tahun 1830, kecap dijual sebagai obat. (thn 1990 cik Mayak diparabuikan anak Fisika SMA Lambah..)

8. Leonardo Da Vinci bisa menulis sambil tangan yg lain menggambar di
saat yg sama. (Buntua, sambil mamacik karateh koa, tangan ciek lai mancukia iduang……Ngupil…)

9. Leonardo Da Vinci penemu gunting. ( Parawek penemu tangkelek pak Maisir nan ilang…)

10. Leonardo Da Vinci menggambar Mona Lisa selama 10 tahun. ( Mantari bisa manggambar sebeng Bu Taih.. dengan baik..)

11. Di semua casino di Las Vegas gak terdapat jam dinding, jam meja,
dll. ( dilapau pak Long banyak Puak Katam nan ilang..karajo Eka, Puyu, Gemit jo Buntua…)

12. Adegan berkelahi Bruce Lee terlalu cepat, hingga musti diedit
filmnya diperlambat gerakannya agar terlihat normal.

13. Produk pertama yg menggunakan bar code adalah permen karet
Wrigley’s.

14. Pemilik perusahaan Marlboro yg pertama meninggal gara2 kanker
paru2 (nah lo…).

15. Honor Michael Jordan dari Nike lebih banyak dari jumlah gaji
seluruh buruh pabrik Nike di Malaysia.

16. Ibu Adolf Hitler tadinya mau aborsi dia.. tp diselametin ama
dokter. Seandainya saja…. ( Puyu ampia laia di parak lado…)

17. Nama orang di dunia yg paling banyak adalah Muhammad. ( contohnya : Muhamamad Hasan…nan manulis iko)

19. Karet gelang akan lebih kuat bila didinginkan di kulkas dulu. ( Cik mayak bisa tahan lamo kalau abih dilulua Buntua…)

20. Dalam bahasa Inggris, kata “dreamt” adalah satu2nya yg
berakhiran “mt”. ( dlm Bhs Pak Yong, KLEN berarti kalian…kalau Prangpang = perang Japang…kato pak Maisir )

21. Gak akan mungkin anda bersin sambil melek. Coba aja! –> ini pernah
jadi pertanyaan di babak bonus Kuis Siapa Berani di Indosiar loh ( batua tu Gemit…)

22. Kecoak masih bisa bertahan hidup 10 hari tanpa kepala. ( Gemit bisa batahan iduik 10 hari ndak makan di kandang kambiang…)

23. Otak bekerja lebih aktif ketika tidur dari pada ketika nonton
TV (apalagi kalo yang ditonton sinetron).

24. 80% penduduk Amerika menyukai warna biru. ( urang Tabik baso suko bana warna Sirah Ati….contohno Mantari..)

25. Lebih banyak jumlah ayam dari pada manusia di dunia. ( ya iyalah..sekali nelor bisa 10 biji )

26. Di Islandia tidak diperbolehkan memelihara anjing. ( di kotomarapak urang buliah maliaro Tungau..)

27. Di Washington DC, lebih banyak jumlah sambungan telepon dari
pada jumlah penduduknya. ( di canduang juga..ehemmm..)

28. Rata2 waktu yg dibutuhkan orang dari mulai memejamkan mata
hingga tidur adalah 7 menit. ( kecuali Tedi Falqon…saminik alah bakaruah….)

29. Penyajian info seperti ini kerap membuat orang tak memperhatikan
nomer urutnya. Sedikit sekali yang sadar bahwa di sini tak ada nomer 18

30. Akhirnya, hampir semua yang baca artikel ini mencoba memastikan
bahwa no 18-nya memang bener2 gak ada, he he he…… (ASAILAH DEN KICUAH….)

DOEL_90

Cara Mudah Baranti Maisok ala Buntua

Written by indrawadi

Di antara para perokok pasti ada yang ingin berhenti merokok tapi mereka tidak bisa. Salah satu sebabnya karena mereka tidak tahu cara berhenti merokok. Di lapau ko,  saya ingin berbagi pengalaman dengan para perokok ba-a  carano baranti ma isok, sesuai dengan pengalaman saya.

Berikut uraiannya

1.     Berhenti membeli dengan tujuan mengurangi merokok, maksudnya mengurangi rokok kawan-kawan

2.     Mengurangi jumlah rokok, maksudnya mengurangi jumlah isi rokok dalam bungkusnya

3.     Jangan sediakan korek api, tetapi suruah kawan-kawan mambao cakuih atau tukiak, sudah tu pinjam  Orang yang sudah ketagihan dengan rokok biasanya tidak mungkin langsung dapat berhenti total kecuali ada sebab tertentu.

Diperlukan usaha yang keras untuk melakukannya. Berikut beberapa usaha untuk berhenti merokok.

1.     Mengurangi jumlah rokok. ( mengurangi rokok kawan)

2.     Perbanyak membaca tentang rokok. ( ba caro nan mudah ma-mintak)

3.     Beritahu teman.( bahwa sudah baranti mambali, tapi nan ma-isok jalan taruih)

BERITAHU TEMAN

Hal yang satu ini sangat penting mengingat dengan memberitahu teman-teman bahwa kalau si Buntur punya cara tersendiri untuk berhenti merokok, yaitu dengan MENYULUT ROKOK TERBALIK

pg_709209075si buntua maisok tabaliak

sehingga ketika nak rang tun sadang ba yobana ba-KOA, dia tidak sadar, kalau ada yang sempat mengabadikan dengan kamera, karena mereka selama ini tidak tahu kalau kanti kita itu sedang PANA, takuik kalah ba KOA, sebab dendanya sangat berat, yaitu ma-uruik, Mpu Puyu, Mak Etek Inyiak Parawek, Pak Tantara Doel, Pak Uwo dari si NAD Gimit, Inyiak Dephi Bule, dan Penasehat Spritual Aji Rizal Camaik

Setelah saya berhasil mendapatkan postingan bukti bahwa ada yang merokok terbalik, maka sampai tulisan ini di publikasikan SANANG NA ATI DEN.

Walau saya marasai kanai udian dek ndak dapek sato ba-KOA, Kodak nan ciek tu, akan menjadi kenangan tersendiri bagi pasukan alumni SMA bawah parak batuang nan acok di lapau Pak Long.

Terakhir: ha..ha…ha…ha…ha…keh…keh…keh….
By: indrawadi rajo mantari 90

Carito Saisuak : Pitih Manambang Rirayo

Written by indrawadi

Rang lapau Comera, Uda2/uni2/kawan2/adiak2. Antah a lo pangana cah ko aa, takana lo liak kisah ko.., den raso..sadoe awak ko mungkin lai pernah lo mah mangalaminyo…

Ikonyo aa…
Takana di den eh, sangkek kacin-kacin dulu,kalau hari rayo idul fitri awak pai manambang ka rumah dunsanak, tetangga, antah rumah sia gai..,antah lai bakatahuan gai, pi nan jaleh pai rirayo, duduak cah, minum aia, sudah tun pai lih. Den mulai se dari bara dapek hasia nambang rirayo, ka kua pitihnyo, untuak a di pagunoan, dll.

Kalau awak dulu dapek pitih manambang tu ndak banyak na doh,ndak labiah dari 10 ribu doh, soalnyo awak acok dirumah se, jadi nan maagiah pitih rayo urang nan pai karumah se, lai pai ka rumah dunsanak,tetangga gai, tapi saketek dapek nyo.

Maso tun paliang gadang 500, tapi nan paliang banyak tu..50 rupiah. Kadang sakik lo ati mah, dek mancaliak kawan nan dapek banyak pitih manambang, sampai tabali gai karatangin dek kawan nan rajin pai manambang tu. Tapi kabaa lah, den dulu pangacuik,banyak sin nan maleh, ndak bakat den manambang mungkin.

Pitih manambang tu den balian pamenan. Misalnyo badia2, oto2, sanang bana ati awak wakatu tu, salain tu awak pai main ka pasa, raun2 ka KikTinggi, makan sate di kabun binatang, mambali es tontong gai, sanang bana ati mah katiko tu, hehhe

Itu carito den wakatu manambang rirayo dulu, ndak takana lai tahun bara wakatu tu, kini den ingin lo tau carito uda2/ uni2/ kawan2/ adiak2 saisuak wakatu manambang di hari rayo, mudah2 an manambah warna lapau kito ko.

THANKS,

Mantari90 nan punyo ota

Anda Orang Minang/Padang Sejati Kalau…..

Written by Engki
Anda Orang Minang/Padang Sejati Kalau:
1. Tidak bisa melihat dan membiarkan trotoar kosong atau nganggur.
2. Berjalan/mengendarai mobil lebih pelan di perempatan/pertigaan untuk melihat peluang membuka rumah makan.
3. Mengeluh bila belum makan masakan Padang minimal sekali sehari.
4. Tidak bisa makan tanpa cabe atau sambal pedas serta selingan kerupuk jengkol.
5. Kalo makan berkeringat, tapi kalo kerja maunya tidak berkeringat.
6. Hal pertama yang ditanya begitu sampai di suatu kota adalah dimana ada rumah makan Padang terdekat.
7. Membawa nasi rames Padang ke dalam pesawat sejak Airlines di Indonesia tidak lagi menyediakan makanan.
8. Lebih memilih rendang jengkol dan sambel pete daripada menu daging, ayam atau sambel ABC.
9. Pada saat makan pagi, anda sudah mengetahui kemana dan makanan apa yang akan dimakan untuk siang dan malam harinya.
10. Makanan kesukaan anda di daftar menu adalah yang paling murah dan paling banyak porsinya.
11. Terhimpit maunya di atas, terkurung maunya diluar.
12. Masih menawar harga barang di swalayan atau department store yang sudah ada Price Tag-nya dengan harapan bisa dapat lebih murah.
13. Hal pertama yang muncul di pikiran saat membeli barang adalah apakah bisa dijual kembali dengan sedikit keuntungan.
14. Berhasil dengan sukses menjual serta meyakinkan seseorang untuk membeli barang kelas kaki lima dengan harga swalayan.
15. Tahu perkembangan naik turun harga barang di pasar, harga emas, harga kain, upah jahit baju, ongkos cetak dan sewa tempat di pasar.
16. Berkunjung ke department store, swalayan atau toko hanya untuk mengetahui perbandingan harga barang untuk kemudian mencarinya di kaki lima.
17. Simbol matematika yang paling dikenal adalah tanda + (tambah) dan tanda X (kali), tidak mengenal tanda – (kurang) dan tanda : (bagi).
18. Lancar mengucapkan kalimat satu 5 ribu, dua 7 setengah, tiga 10 ribu.
19. Hasil perhitungan 2+2=7 karena 4 pulang modal, 2 keuntungan dagang, 1 untuk sewa tempat/ongkos.
20. Tangan menerima uang lebih cepat dan tangkas daripada tangan membayar.
21. Pelajaran yang paling diminati di sekolah adalah aritmatika, hitung dagang, harga pokok dan marketing.
22. Tempat duduk favorite anda waktu berkunjung ke cafe atau restorant adalah di dekat kasir atau pintu masuk, untuk melihat penerimaan uang masuk dan jumlah pengunjung yang datang.
23. Perintah tambahan anda saat menyuruh seseorang membeli barang di toko atau warung adalah cari harga yang paling murah dan usahakan untuk menawar.
24. Selalu naik angkutan umum atau angkot yang ada musicnya.
25. Menyetop taxi, membuka pintu depan, kemudian bertanya ke sopir taxi-nya “Jurusan mana Bang??”.
26. Lebih memilih tarif taxi sistem tawar menawar daripada sistem argometer demi alasan kepastian harga dan kepuasan menawar.
27. Selalu memilih duduk paling depan kalo naik angkutan umum, bus atau pesawat dengan tujuan supaya bisa sampai lebih cepat dan lebih dulu.
28. Pesta pernikahan anda belum terasa lengkap tanpa ada panggung orgen tunggal yang menampilkan penyanyi terkenal se-kecamatan atau kabupaten.
29. Begitu keluar dari kampung halaman, langsung bisa berbahasa Indonesia Raya yang baik dengan logat Minang yang kental serta gimana gitu.
30. Selalu berprinsip “Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung, tapi kampung halaman dan pulang kampung tetap nomor satu”.

Sado carito ko kiriman dari : herry_ramachy@yahoo.co.id – Alumni SMA 1 IV Angkek saisuak

Nb: Sorry yo sanak nan di lambah net tulisan nyo ambo Copas sajo dek namo awak ado lo di sabuik2 di ateh jadi awak baleh dandam carito no mah hahahahaha…..


st1\:*{behavior:url(#ieooui) }
<!– /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:””; margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;} a:link, span.MsoHyperlink {color:blue; text-decoration:underline; text-underline:single;} a:visited, span.MsoHyperlinkFollowed {color:purple; text-decoration:underline; text-underline:single;} @page Section1 {size:595.3pt 841.9pt; margin:72.0pt 90.0pt 72.0pt 90.0pt; mso-header-margin:35.4pt; mso-footer-margin:35.4pt; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

BUKAK TUTUIK BUKAK TUTUIK DEN TAMPA LAI

By Boer Simanagie

Si Bujang dibaok kakantua polisi di stasiun Bandung, dek karano manampa padusi di ateh kureta Parahyangan jurusan Jakarta – Bandung
POLISI : Siapo namo waang
BUJANG: Namo ambo Bujang pak
POLISI: Hei Bujang, lai kenal waang jo anak gadih ko? (sambia manunjuak ka surang padusi)
BUJANG: Kenal pak, inyo duduak disabalah ambo di kureta.
POLISI: Manuruik pangaduan anak gadih ko, waang manampa inyo, apo sebabnyo cubo katokan
BUJANG : Takah iko curitonyo pak: Waktu Ambo naik kereta di Gambir pak, tampet duduak disalah ambo masih kosong, tapi kiro2 duo minik lai kureta ka barangkek naiklah surang anak gadih mambao kopor gadang . Alah sudah nyo lataan kopor gadang nyo di tampek barang diateh kapalo ambo, inyo duduak disabalah ambo dan diam sajo tanpa mangecek saketek alah juo. Kiro2 kureta alah bajalan 10 minik datang lah kondektur mamareso karicih. Mandanga suaro kondektur manyabuik kascis..karcis ambo siapkanlah karcis ambo untuak di pareso. Dek karano tampek duduak padusi ko dakek jalan sadangkan ambo dakek jendela, mako sabalun kondektur sampai di giliran ambo, labiah dulu mamareso giliran padusi tu. Waktu kondektur mananyoan karcis ka padusi tu, inyo tagak, nyo ambiak kopor gadang nyo di ateh kapalo ambo. Nampak di ambo inyo bukak kopornyo inyo kaluaan tas, inyo tutuik kopornyo inyo bukak tas nyo nyo kaluakan dompet , nyo tutuik tas nyo bukak dompet nyo kaluaan amplop , nyo tutuik dompek nyo bukak amplop nyo kaluan karicih dan nyo agiah-an karicih ka kondektur, inyo tu………
POLISI: Stop …stop … , apo curito ang ko bukak tutuik bukak tutuik di kantua polisi, den tembak ang beko..
BUJANG: Maaf pak, apak baru mandanga curito ambo bukak tutuik bukak tutuik sajo alah berang gadang ,sampai –sampai ka manembak ambo. Ambo pak maliek bana jo mato kapalo ambo sandiri sambia manggaritih mancaliak padusi ko bukak tutuik bukak tutuik dimuko batang iduang ambo, jadi wajarlah kalau ambo manampa inyo dek manahan bangih pak.
POLISI: Sudah lah..bakalirahan sajo ..masing-masing minta maaf… salasai pakaro ko

KUDA SUMBA

By Boer Sima

Di Pulau Sumba banyak orang yang beternak sapi dan kuda. Kuda sumba adalah Sandle wood yaitu kuda blanteran antara kuda australia dengan kuda lokal. Seorang peternak yang ukuran sedang tidak hanya mempunyai sapi puluhan ekor, tapi ratusan ekor bahkan ada yang sampai memiliki sapi ribuan ekor. Sapi-sapi tersebut mereka lepaskan begitu saja di padang belantara. Begitu juga dengan kuda mereka, tidak cuma 2 atau 3 ekor yang mereka miliki, tapi sampai puluhan ekor untuk seorang peternak. Umumnya kuda ini mereka gunakan sebagai kendaraan untuk mengontrol sapi-sapi mereka ditengah padang dan keperluan lainnya.
Diantarany ada seorang peternak muda yang baru saja menerima warisan sapi dan kuda yang cukup banyak dari bapaknya yg meningggal dunia . Sapi-sapi nya semua ada di tengah padang dan beberapa puluh ekor kuda ada di kandang dekat rumahnya. Setiap hari dia pulang pergi ke padang belantara dengan menunggang kuda. Pada suatu hari dia agak terlambat pulang kerumah karena harus mencari beberapa sapinya yang tersesat. Waktu itu matahari sudah hampir terbenam, dia kendalikan kudanya dengan santai tidak tergesa-gesa sambil bersiul menyanyikan lagu kesukaannya. Jalanan tampak agak remang-remang karena kiri kanan jalan setapak itu penuh ditumbuhi semak belukar . Selagi santai tiba-tiba dia lihat seekor ular yang sedang besarnya didepan melintas jalan, buru-buru dia tarik tali kekang kudanya sehingga dua kaki depan kudanya naik keatas, dan kuda pun berhenti, kalau tidak pasti ular itu akan menderita luka terinjak kaki kuda. Setelah ular tersebut sampai di seberang , ular itu hilang dari pandangan dan dari bekas tempat ular itu keluar asap putih dan sesaat kemudian terdengar suara yang berbicara: “Hai anak manusia, meskipun tampang mu jelek tidak tampan dan betubuh kurus seperti orang kurang makan, tapi kamu orang mempunyai hati emas. Kalau kamu orang tidak menahan langkah kudamu, maka kepalaku pasti sudah pecah terinjak ladam kudamu, karena aku tidak mau berhutang budi, oleh karena itu budi baikmu ini aku harus balas sekarang juga; sebutkan lah 3 keinginanmu besok pagi ketika kamu bangun tidur pasti terwujud, Silahkan kamu sebutkan 3 permintaan ayo cepat”. Kata anak muda itu: “Pertama, saya ingin wajah saya tampan seperti Indra Brugman, kedua saya ingin badan saya berotot seperti Silvester Stalon, dan yang ketiga saya ingin…..saya ingin..saya ingin (agak malu-malu mengatakan ) punya saya seperti kuda ini”. Begitu pemuda itu selesai mengutarakan permintaan nya maka terdengar suara …psssssssst … dan asap putih pun hilang dan keadaan sekeliling kembali menjadi sunyi, dan pemuda itupun meneruskan perjalanan dengan melarikan kudanya agak kencang menuju kerumahnya. Pagi –pagi sewaktu dia bangun tidur dia tidak ingat samasekali kejadian kemarin sore itu, Tapi ketika dia menggosok gigi di vestapel tampak wajahnya di kaca berbeda dia terkejut dan lalu teringat kejadian kemarin sore. “Wah benar juga nih ucapan ular siluman tentu ke 3 permintaan aku di kabulkan semua, katanya dalam batin sambil membuka bajunya untuk melihat bentuk tubuhnya… dan ternyata tubuhnya persis seperti tubuh si Rambo yang diperan kan oleh silvester stalon di film. Saking senangnya dia bersorak sambil berteriak dan berloncat-loncat saking girangnya. Dia benar2 tenggelam dalam kegembiraan . Tapi tidak lama kemudian dia menjerit dan berguling-guling di lantai serta menangis sejadi-jadinya menyesali diri. Bagaimana tidak waktu dia menyebutkan permintaan yang ketiga, dia lupa bahwa kuda yg ditungganginya kemarin adalah kuda betina………

PASIEN RUMAH SAKIT JIWA

By Boer Sima
Di suatu rumah sakit jiwa terdapat tiga pasien yang ingin di tes kewarasannya oleh sang dokter, maka dipanggillah pasien2 tersebut….
Dokter : “Sake, apa namanya ini ..?” (sambil nunjuk hidung)
Sake : “telinga dok ….”
Dokter : “ah… ternyata kamu belum waras”, sambil memanggil pasien kedua (Seta)
Dokter : “apa namanya ini ..?” (sambil nunjuk mata)
Seta : “mulut dok….”
Dokter : “wah kamu lebih parah”, dan si dokter memanggil pasien terakhir (ciya)….
Dokter : “apa namanya ini …?” (sambil nunjuk mulut)
Ciya : “pasti mulut dong ….”
Dokter : “wah kamu udah agak baikan… , tapi sekali lagi yah…”
Dokter : “apa namanya ini ..?” (sambil nunjuk mata)
Ciya : “wah dokter ini bagaimana sih, itu khan mata dok.”
Dokter : “ternyata kamu betul-betul sudah waras…..”
Ciya : “iya dong dok, orang khan mikir pake ini..” (sambil nunjuk jidat)
Dokter : “apa namanya itu …?”
Ciya : “pantat…… .!!!!!”
Dokter : ” ???????????”

RAHASIA PANJANG UMUR

By Boer Sima

Sebuah kampung yang terkenal, didatangi oleh Crew dari sebuah TV swasta, karena penduduknya banyak yang berusia panjang………
“apa rahasianya, Nek?” tanya Crew TV kepada seorang nenek tua.
“pagi olahraga, sore olahraga, malam olah raga!”
“berapa usia nenek?”
“100 tahun…”

Crew itu menghampiri seorang kakek berjanggut putih:
“dan anda Kek, apa semboyan kakek?”
“Pagi susu, sore susu, malam susu…..” jawab kakek
“berapa usia Kakek?”
“110 tahun…….”
“lebih hebat nih” pikir Crew TV

Akhirnya crew itu menghampiri Kakek yang tampak lebih tua lagi karena kulitnya yg keriput & rambutnya yg ubanan……..
“Kalau kakek, bagaimana?”
“Pagi perempuan, sore perempuan, malam perempuan……..!!!”
“Wah…!! Hebat sekali. Berapa umur kakek?”
“30 tahun………!!

DUNCAN SI JENIUS

By Boer Sima

Bu Siti, seorang guru kelas satu SD “MERDEKA”, sangat kesal dengan seorang muridnya yang bernama Duncan.

Bu Siti: “Duncan, mengapa kamu tidak mau mengikuti pelajaran di kelas?”
Duncan : “Saya anak cerdas, pelajaran kelas satu terlalu mudah untuk saya, bahkan saya dapat mengerjakan semua soal punya kakak saya yang dikelas tiga. Seharusnya saya ada dikelas tiga juga!”
Bu Siti merasa kesal. Ditariklah si Duncan ini ke ruang Kepala Sekolah. Ketika si Duncan menunggu di depan ruang Kepala Sekolah, Bu Siti menjelaskan pada Pak Tole, Kepala Sekolah “Menejer”, mengenai kelakuan muridnya yang bernama Duncan. Pak Tole kemudian ingin mengetahui seberapa pandai si Duncan ini sehingga ia berkeinginan ditempatkan dikelas tiga, apabila ia tidak dapat menjawab test yang diberikan oleh Pak Tole, maka ia harus kembali sebagai murid kelas satu dan berkelakuan yang sepantasnya, atau apabila tidak menurut maka orang-tuanya harus dipanggil.
Bu Siti setuju.
Pak Tole: “Duncan, berapa 3×3?”
Duncan: “9″
Pak Tole: “Berapa 6×6?”
Duncan: “36″
Kemudian Pak Tole memberikan test-test berikutnya sesuai dengan mata pelajaran kelas tiga SD dan semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan benar oleh sang genius Duncan.

Pak Tole lalu berkata pada Bu Siti: “Saya rasa Duncan dapat langsung dipindahkan ke kelas tiga.”

Bu Siti: “Pak Tole, mohon tunda dahulu keputusan ini. Saya akan memberikan beberapa pertanyaan lagi pada anak ini”
Pak Tole setuju.

Bu Siti: “Duncan, apa yang dimiliki sebanyak empat buah oleh seekor sapi sedangkan saya hanya punya dua?”
Dengan cepat Duncan menjawab: “Kaki!”

Bu Siti: “Apa yang ada dicelanamu tapi tak ada di celana saya?”
Duncan: “Saku!”

Bu Siti: “Coba tebak sebuah benda dalam bahasa Inggris yang dimulai dengan huruf ‘C’ dan diakhiri huruf ‘T’, dimana benda tersebut ber-rambut, bulat, lonjong, dan mengandung cairan berwarna putih?”
Duncan: “Coconut!”

Kening Pak Tole berkerut dengan mata membelalak…

Bu Siti: “Benda apa yang dimasukan dalam keadaan keras, kemudian memerah, dan dikeluarkan setelah lembek dan lengket?
“Duncan: “Permen karet!”
Bu Siti: “Apa yang dilakukan pria dalam kondisi berdiri, wanita dengan duduk, dan anjing dengan satu kaki diangkat?”
Duncan: “Jabatan tangan!”

Bu Siti: “Sekarang saya akan bertanya mengenai ‘Siapa saya’,okay?”
Duncan: “Ya, Bu Siti.”
Bu Siti: “Kamu memasukan tiang kamu pada saya. Kamu mengikat saya untuk membangkitkan saya. Saya basah sebelum kamu basah. Siapa saya?”
Duncan: “Tenda!”

Bu Siti: “Sebuah jari memasuki saya. Kamu menggerakan si jari tersebut. Pengantin pria adalah yang pertama melakukannya. Siapa saya?”
Duncan: “Cincin Kawin!”

Bu Siti: “Saya terdiri dari berbagai ukuran. Ketika saya sakit, cairan menetes. Siapa saya?”
Duncan: “Hidung!”
Bu Siti: “Saya mempunyai pentungan keras. Ujungku dapat menembus. Apakah itu?”
Duncan: “Panah!”
Bu Siti: “Saya test kamu dalam bahasa Inggris lagi. Sebutkan sebuah kata yang dimulai dengan huruf ‘F’ dan diakhiri huruf ‘K’ yang dapat memberikan kenikmatan?”
Duncan: “Firetruck!”

Pak Tole langsung menyela Bu Siti supaya tidak menanyai Duncan lebih lanjut sambil berkata: “Bu Siti, taruh Duncan dikelas lima. Dia lebih pandai dari saya dimana jawaban saya untuk sepuluh pertanyaan terakhir tidak ada yang benar..!!” ????????????????????????????????????????????????

TAMU & PELAYAN

By Boer Sima

Seorang laki-laki yang kebetulan juga tamu hotel yang ada di Jakarta memanggil salah seorang pelayan wanita yg wajahnya sangat cantik untukdatang ke kamarnya, dan beginilah dialognya:
Tamu : Pelayan, kemari saya ingin menunjukkansesuatu pada anda.
Pelayan : Ya Tuan, ada apa?
Tamu : Masuklah ke kamarku dan tolong tutup semua tirai jendela.
Pelayan : APA!!!????
Tamu : Saya bilang…………
Pelayan : Ya saya mendengar Tuan, cuma saya nggak percaya apa yang Tuan katakan.
Tamu : Benar, saya minta anda masuk ke kamar saya. (Walaupun dengan ragu-ragu tetapi
Pelayan menuruti apa yang diperintahkan oleh Tamu tersebut)
Tamu : Duduklah di tempat tidur sini disebelahku.
Pelayan : Maaf Tuan, saya harus keluar dari kamar ini.
Tamu : Mengapa anda ragu-ragu, ayolah duduk disebelahku sini. (Dengan hati berdebar-debar akhirnya Pelayan duduk disebelah sang Tamu)
Tamu : Masuk ke dalam selimutku sini!!!
Pelayan : APA????!!!!
Tamu : Ayolah jangan ragu-ragu, nanti anda akan tahu…. (Dengan perasaan takut Pelayan masuk kedalam selimut bersama si Tamu )
Tamu : Ayolah mendekat sini….
(Dengan gemetaran akhirnya Pelayan mendekat juga)
Tamu : Lihatlah jam tangan G-SHOCK Saya yang baru ini…..bisa NYALA LOOO.

SUDAH TERLAMBAT

By Boer Sima

Seorang kakek yang buta huruf memiliki kerinduan yang amat besar untuk bisa membaca.

Kakek: “Nek, bagaimana to caranya supaya aku ini bisa mbaca?”
Nenek: “Ya, Kakek harus sekolah to ya ….!”
Kakek: “Ohhh … gitu to … ya sudah … besok kakek sekolah yo, Nek!”

Keesokan harinya Kakek itu berjalan menuju sebuah sekolah dengan dandanan yang
sangat rapi. Tiba di sekolah yang dekat dengan rumahnya, Kakek langsung masuk ke sebuah kelas dan mengambil tempat di pojok belakang. Anak-anak yang melihat kehadiran kakek di kelas itu melaporkannya ke guru mereka, yang bergegas menghampiri kakek tersebut.

Guru: “Pak, mengapa Bapak ada di kelas ini? Mau bertemu dengan siapa?”
Kakek: “Oh … saya gak mau ketemu siapa-siapa kok, Bu. Saya mau sekolah.”
Guru: “Ohh … Bapak sudah terlambat untuk sekolah.”
Kakek: “Begitu to, Bu? Saya sudah terlambat … jadi saya harus bagaimana?”
Guru: “Bapak pulang saja ya … istirahat di rumah.”
Kakek bergegas pulang dan begitu sampai di rumah dia langsung mencari isterinya.
Nenek: “Lho, kok Kakek sudah pulang? Tidak jadi sekolah to?”
Kakek: “Lha wong Kakek terlambat kok Nek, trus dihukum suruh pulang oleh Ibu Guru …. Jadi, biar besok Kakek tidak terlambat, dibangunkan lebih pagi yo, biar gak kena hukuman lagi!”

Nenek: “Beres, Kek!”

PIL PERCOBAAN

By Boer Sima

Seorang wanita datang ke dokternya dan mengeluh bahwa dia ga ‘dapet’ apa2 dari suaminya. Jadi sang dokter memberikan pada wanita tsb beberapa pil dan berkata: “ ini adalah pil percobaan, masukkan 2 butir ke dlm kopinya dan nyonya lihat reaksinya”.

Keesokan harinya wanita tsb datang kembali dan berkata: “ semalam ‘permainannya’ sangat bergelora, bgimana kalau saya gunakan 10 butir?”

Dan sang dokter menjawab: ”ini adalah pil percobaan, jadi… dicoba aja dan lihat apa yg akan terjadi”.

Keesokan harinya lagi, wanita tsb kembali datang dengan muka ber-seri2 dan berkata: “’Permainannya’ ruarrr biasa…!!! boleh saya coba masukkan seluruh isi botol pil ini dan lihat apa yg gerangan akan terjadi??”

Beberapa minggu kemudian, seorang bocah kecil datang dan berkata: “ibu-q meninggal, mbakyu-q bunting, pantat-q sakit banget, dan ayah-q sedang duduk di pojok-kan sambil berseru “puss..puss..puss…ksini puss…”

HATI-HATI JIKA BERKUNJUNG KE TAMAN SAFARI INDONESIA (TSI)

By Boer Sima

Mohon untuk menyebarluaskan ke teman dan orang terdekat anda, supaya lebih berhati-hati bila berkunjung ke TSI.
Di bawah ini adalah pengalaman kami yang tidak akan kami lupakan seumur hidup karena amat berbahaya dan menyeramkan ketika berada di TSI.

Hari Minggu lalu (bertepatan hari pertama bulan puasa), kami berkunjung ke TSI dengan menggunakan mobil keluarga, 4 orang dewasa dan 2 anak kecil dengan tujuan refreshing, melihat binatang yang belum pernah kami lihat secara langsung dan dekat terutama yang besar dan liar atau berbahaya.

Belum lama kami berada di TSI, kira-kira 10 menit, mobil kami memasuki area binatang yang bukan binatang buas (kijang, banteng dll), tiba-tiba mobil kami mogok dan meski sudah mencoba untuk merestart beberapa kali, tetapi mesin sama sekali tidak bisa di hidupkan kembali. Kami pikir mungkin cipratan air telah menyebabkan mobil kami mogok saat baru saja melewati genangan air seperti sungai kecil di TSI.

Meski pun ragu-ragu, karena tidak terlihat ada petugas TSI di dekat situ, akhirnya paman saya turun untuk membuka kap mesin. Kami tidak membunyikan klakson karena takut mengganggu binatang di TSI. Kami pikir, area ini adalah area yang aman, bukan area binatang buas, jadi kami berusaha tenang menunggu di dalam mobil sambil ngobrol.
Namun tiba-tiba kami terkejut ketika melihat seekor singa yang sangat besar, yang entah
dari mana datangnya sudah berada di belakang mobil kami dan berjalan ke arah depan
mobil dimana paman kami berada. Lalu… entah kenapa kami semua seperti terhipnotis melihat singa itu mendekati paman kami yang asyik mencari kerusakan mobil dan tidak tahu dengan kedatangan singa itu. Kami benar-benar hanya terpaku melihat singa itu tanpa berusaha untuk memberitahu paman ada bahaya yang datang?.
Dan..?? bertepatan paman menutup kap mesin…. ketika itu pula singa sudah berada
tepat dibelakang tubuh paman saya, sehingga tampak sangat jelas sekali oleh kami dari
dalam mobil bagaimana sangat dekatnya singa terhadap paman dan .saat itu pula singa itu langsung mencolek bahu paman saya seraya berkata, “kagak usah takut … gua lagi puasa ….. kenapa mobilnya … mogok nih ye…..” !!!

Carito Saisuak : Pitih Manambang Rirayo PDF Print E-mail
Written by indrawadi
Rang lapau LambahNet, Uda2/uni2/kawan2/adiak2. Antah a lo pangana cah ko aa, takana lo liak kisah ko.., den raso..sadoe awak ko mungkin lai pernah lo mah mangalaminyo… Ikonyo aa…
Takana di den eh, sangkek kacin-kacin dulu,kalau hari rayo idul fitri awak pai manambang ka rumah dunsanak, tetangga, antah rumah sia gai..,antah lai bakatahuan gai, pi nan jaleh pai rirayo, duduak cah, minum aia, sudah tun pai lih.
Den mulai se dari bara dapek hasia nambang rirayo, ka kua pitihnyo, untuak a di pagunoan, dll.Kalau awak dulu dapek pitih manambang tu ndak banyak na doh,ndak labiah dari 10 ribu doh, soalnyo awak acok dirumah se, jadi nan maagiah pitih rayo urang nan pai karumah se, lai pai ka rumah dunsanak,tetangga gai, tapi saketek dapek nyo.Maso tun paliang gadang 500, tapi nan paliang banyak tu..50 rupiah. Kadang sakik lo ati mah, dek mancaliak kawan nan dapek banyak pitih manambang, sampai tabali gai karatangin dek kawan nan rajin pai manambang tu. Tapi kabaa lah, den dulu pangacuik,banyak sin nan maleh, ndak bakat den manambang mungkin.Pitih manambang tu den balian pamenan. Misalnyo badia2, oto2, sanang bana ati awak wakatu tu, salain tu awak pai main ka pasa, raun2 ka KikTinggi, makan sate di kabun binatang, mambali es tontong gai, sanang bana ati mah katiko tu, hehheItu carito den wakatu manambang rirayo dulu, ndak takana lai tahun bara wakatu tu, kini den ingin lo tau carito uda2/ uni2/ kawan2/ adiak2 saisuak wakatu manambang di hari rayo, mudah2 an manambah warna lapau kito ko.THANKS,

Mantari90 nan punyo ot

5 responses

29 05 2010
Melfi Abra

yo banyak juo rang kampuang ambo nan lucu mah..! tapi sebahagian nyontek dari tampek lain…. tapi bialah…. nan paralu awak lai tagalak….

3 02 2012
Alfurqanul Hakim

mantab bana

11 02 2012
rang sikumbang

hahaha tambuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh………

11 02 2012
rang sikumbang

tambuah ciek da……..

28 06 2012
wdr

iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiha………………………..haaa………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: